Cara Memindah DATA/OBB Ke Eksternal Menggunakan Folder Mount (ROOT)

 Cara Memindah DATA/OBB Ke Eksternal Menggunakan  Folder Mount  (ROOT)


Pernah gak waktu mau install game tapi tiba-tiba muncul peringatan  “instalasi gagal memori penuh” ? disitu saya merasa sedih, pasti kecewa rasanya padahal pengen banget mainin tuh game. Biasanya sih tindakan pertama yang dilakukan kebanyakan orang (saya ) adalah menghapus game atau aplikasi lain yang udah gak kepake.
    
Kebiasaan sih pas mau menghapus itu game atau aplikasi malah bingung sendiri mana yang harus dihapus, karena semua aplikasi terasa penting , kan sayang kalo dihapus , jadi susah untuk instalasi aplikasi/gamenya , dihapus sayang… gak dihapus gak bisa nyoba aplikasi/game lain… 
    
Kalau Android kalian punya SDcard yang kapasitas besar masih bisa sedikit tertolong dengan cara “move to sdcard” jika tersedia dan itu pun tidak sepenuhnya terpindah, sedangkan Android saya cuma dibekali memori internal doank.. dan kapasitas yang bisa digunakan user pun cuma beberapa GB. ada satu aplikasi yang cocok dan pas buat kedaaan kalian sekarang. Nama aplikasi yang saya gunakan adalah “Folder Mount”, aplikasi ini memerlukan akses root jadi bagi yang androidnya belum root silakan root DISINI.

Jadi dengan aplikasi ini semua game data yang terbaca di memori internal kalian bisa dipindah ke direktori atau folder yang kalian inginkan. sebelum itu saya beri sedikit penjelasan tentang folder mount ini.

Cara kerja Aplikasi Folder Mount :

Aplikasi ini mirip dengan pembuatan shortcut, kalau kalian pake sistem operasi windows pasti sudah familiar. kita ambil contoh, secara default semua game atau aplikasi yang terinstal datanya akan tersimpan di directory “Android/data/nama folder game/aplikasi” atau “Android/obb/nama folder game/aplikasi”. Dari folder data game atau aplikasi yang ada di internal tersebut di pindah ke folder tujuan(eksternal) kemudian aplikasi Folder Mount ini tadi membuatkan semacam shortcut dari lokasi asli yang di arahkan ke folder tujuan tadi. Jadi semacam memanipulasi folder data game yang sudah dipindah ke sdcard atau eksternal seolah-olah berada di internal.

Langkah Langkah
 

1.Download dan install Aplikasi android Folder Mount DISINI.
2.Buka aplikasi Folder mount. Tarik menu di samping kiri atau klik menu icon di pojok kiri atas, pilih “App Analyzer”
3.Pilih game atau aplikasi yang diinginkan.
4.Klik Create pair antara obb atau data, apabila ada size yang besar pilih aja itu.
5.Akan ada konfirmasi untuk mengatur dan membuat folder destinasi.
6.Pilih “Yes” otomatis dibuatkan folder tujuan dan opsi “No” mengatur secara manual.
7.Klik tanda ceklis dikanan atas untuk menyimpan pengaturannya.

8.Nanti ada proses pemindahan, tunggu saja sampai selesai.
9.Pindah ke menu “List Of pairs“.
10.Aktifkan gamenya di tombol sebelah kanan (selalu aktifkan sebelum memainkan gamenya).

 


Previous
Next Post »