Cara Mengatasi Blue Screen Di Laptop Dengan Mudah | Laptop™

Laptop Kamu Blue Sreen? Dan Nggak Bisa Benerinnya? Tenang, Nih Saya Punya Triknya Kok! 

Di zaman seperti saat ini, memakai komputer tampak menjadi suatu kewajiban/keharusan untuk dipunyai. Nggak hanya untuk bekerja, tapi bermain juga saat ini memakai komputer. Dan sekarang pun udah ada universitas para Gamers di Indonesia.

Komputer memang bermanfaat, tapi nggak bermanfaat jika terkena penyakit bernama blue screen. Jika sudah begini, umumnya komputer akan suka restart dan nggak bisa dipakai. Untuk itu, simak tutorial cara mengatasi blue screen berikut!

Hal Umum Penyebab Blue Screen Di Laptop Maupun Komputer.

Sebelum masuk ke cara mengatasi blue screen, kamu harus tahu lebih dahulu apa penyebab blue screen. Karena dengan mengetahui apa penyebab atau sumbernya, tentu akan lebih mudah menanganinya.
Penyebab blue screen cukup banyak. Bisa karena Windows error, terkenal virus, hardware failure dan lain-lain. Supaya nggak bingung dalam diagnosa masalah blue screen, ikuti langkah berikut...


1
Langkah Langkah Mengecek Penyebab Blue Screen Pada Laptop Atau PC



  • Download terlebih dahulu software bernama "BlueScreenView" Pilih versi yang cocok untuk komputer kamu.
  • Jika sudah download, langsung buka software tersebut tanpa install. Pada nomor 1, pilih "Dump Files" terbaru. Pada nomor 2, baca penyebab blue screen di komputer. Selesai, sekarang kamu sudah tahu masalahnya. 
2
Cara Mengatasi Blue Screen Di Laptop Atau PC


Setelah kamu mengetahui penyebab blue screen, kamu bisa konsultasikan ke pakar IT dengan memperlihatkan screenshot dari software BlueScreenView. Sertakan juga kronologinya, sehingga pakar IT akan lebih mudah memberikan solusi.
Tapi kalau kamu ingin usaha sendiri terlebih dahulu, berikut beberapa yang bisa kamu coba...

Melakukan Full Scanning Dengan Software Antivirus Kamu


Apabila penyebab blue screen terkait dengan file system, bisa juga penyebabnya adalah virus. Oleh karena itu cara pertama yang bisa kamu coba, yaitu dengan full scan pakai antivirus.

Melakukan System Restore


Masih apabila penyebab blue screen terkait dengan file system, bisa jadi karena kamu menginstall suatu software atau driver namun hasilnya crash. Untuk itu cara kedua yang bisa kamu coba, yaitu dengan melakukan system restore.Laptop Kamu Blue Sreen? Dan Nggak Bisa Benerinnya? Tenang, Nih Saya Punya Triknya Kok! 


Instal Ulang Windows

Apabila dua cara sebelum ini nggak membantu, kamu juga bisa coba lakukan reset atau install ulang Windows. Umumnya dengan cara ini, masalah blue screen terkait software dapat teratasi.

Melakukan Pengecekan Hardware



Apabila hasil dari analisa mengatakan penyebabnya terkait driver, lalu dengan reset atau install ulang Windows tidak membantu, besar kemungkinan blue screen terjadi karena ada masalah hardware. Cara mengatasi blue screen ini, yaitu dengan service atau maintenance.

Akhir Kata

Cara mengatasi blue screen ternyata nggak susah-susah banget bukan? Intinya sih kamu harus kenal penyebabnya terlebih dahulu, jangan ragu untuk konsultasikan penyebabnya guys. Selamat mencoba ya!
Terima kasih telah mengunjungi Website kami. Bila ada kekurangan mohon maaf. Jangan lupa Share dan tinggalkan Comment Juga Responnya yak guys đź‘Ť

Sumber: www.ahlitech.com
Previous
Next Post »