Teknik Hack Paling Sering Digunakan Untuk Bobol Password

Sudah banyak sekali teknik untuk tindakan hacking di dunia ini. Beberapa di antaranya punya strategi dan taktik yang bermacam-macam.
Dan ternyata melakukan hack pada password suatu akun juga memiliki teknik tersendiri. Kali ini Saya akan membahas mengenai 6 teknik yang paling sering digunakan untuk hack password. Simak ulasan Saya berikut ini ya.







6 Teknik yang Paling Sering Digunakan Untuk Hack Password

1. Dictionary

Teknik pertama yang paling sering digunakan untuk hack password disebut Dictionary Attack. Dictionary sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti kamus.
Serangan ini menggunakan sebuah kamus khusus yang berisi berbagai macam password yang sering digunakan banyak orang, seperti QWERTY, 123456, password, mynoob, dan lain sebagainya.

2. Brute Force

Selanjutnya ada teknik terkenal lainnya yang disebut Brute Force. Caranya dilakukan dengan mencoba setiap kombinasi karakter yang memungkinkan.
Serangan Brute Force juga akan mencoba kombinasi karakter alfanumerik yang paling sering digunakan. Seperti misalnya sandi, 1q2w3e4r5t, zxcvbnm, dan qwertyuiop.

3. Phishing

Phishing biasanya dikirim oleh para hacker melalui email. Sudah miliaran email phishing yang dikirim ke para pengguna internet di seluruh dunia.
Cara kerjanya biasanya email tersebut dibuat seakan email resmi dari suatu instansi besar, biasanya tawaran hadiah atau peringatan palsu. Lalu orang yang menerima dituntut untuk mengklik tautan yang tersedia. Tautan tersebut biasanya akan menghubungkan ke sebuah web palsu yang di dalamnya, korban disuruh untuk memasukkan akun atau bahkan data pribadi mereka.

4. Rainbow Table

Rainbow Table merupakan serangan hack password yang dilancarkan secara offline. Hacker awalnya harus mendapatkan terlebih dahulu nama dan password pengguna, namun dalam bentuk sudah terenkripsi, yang biasanya mudah dilakukan. Misalnya, kata sandi 'Logmein', pada fungsi hash kriptografik MD5, hasil enkripsinya diketahui menjadi '8f4047e3233b39e4444e1aef240e80aa'.
Nah, setelah mendapatkan akun yang terenkripsi tersebut, hacker akan memecahkannya dengan teknik tertentuTool Rainbow Table adalah yang paling sering digunakan, karena kecepatannya memecahkan enkripsi tersebut, di dalam Rainbow Table sudah terisi berbagai macam hasil enkripsi, yang nantinya bisa dicocokkan dengan enkripsi yang ingin dipecahkan.

5. Malware Atau Keylogger

keylogger
Cara lain yang lebih efektif dan berdampak besar tentu saja adalah Malware. Apalagi beberapa varian Malware memiliki Keylogger di dalamnya, yang artinya bisa mengganggu seluruh akun milik korban.
Malware juga dapat secara khusus menargetkan pada tujuan tertentu, seperti mengambil data pribadi dan juga menyebarkan virus trojan. Yang paling parah, Malware adalah salah satu teknik yang sulit dideteksi.

6. Spidering

spidering
Jika seorang hacker, *menargetkan institusi atau bisnis, * tertentu, mereka biasanya mencoba serangkaian kata sandi yang berkaitan dengan institusi itu. Peretas dapat membaca dan menyusun serangkaian istilah terkait atau menggunakan tool Search Spider untuk melakukan teknik tersebut.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Search Spider akan bekerja dengan menggunakan daftar kata khusus yang berkaitan dengan korban, hingga menemukan kecocokan.

Akhir Kata
Itulah 6 teknik yang paling sering digunakan untuk hack password. Jadi, sekarang kita harus lebih ketat dan teliti dalam membuat sebuah password. Tuliskan juga pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

Sumber: www.ahlitech.com
Previous
Next Post »