Inilah Tempat Trending Wisata di Trenggalek

Tempat Wisata Yang Jadi Trending Di Kabupaten Trenggalek

Tempat Wisata Populer di Trenggalek Jawa Timur – Salah satu liburan yang paling banyak di minati kebanyakan orang yaitu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Berlibur merupakan kesempatan bagi banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan Kerabat terdekat, maka dari itu dengan Berkunjung ke suatu Tempat wisata akan menambah keseruan saat hari Libur Tiba. di Indonesia ini banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata alam pegunungan, wisata pantai, Wisata Air Terjun sampai tempat wisata modern seperti Tempat Wahana Bermain.
Salah satu Kota di Indonesia yang menyimpan banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan alam dan pesona alam yang indah yaitu di Trenggalek Provinsi jawa Timur Indonesia. Kabupaten Trenggalek Sendiri Merupakan Sebuah Kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur yang memiliki letak yang cukup Strategis yaitu berada diantara kabupaten Ponorogo dan Tulungagung. Kedia Kabupaten Tersebut merupakan kabupaten yang cukup terkenal akan Wisata dengan keindahan alam yang sangat indah. Selain di apit oleh kedua kabupaten denga wisata alam nya yang keren, Kabupaten Trenggalek Juga berdampiangan dengan Samudra Hindia.

Potensi Wisata alam di Kabupaten Trenggalek ini cukup bagus dan Indah, hal ini di buktikan dengan banyak nya wisatawan lokal maupun asing banyak yang berkunjung ke salah satu tempat wisata di  Kabupaten Trenggalek ini. Untuk anda yang akan pergi berlibur ke Kabupaten Trenggalek dan berkunjung ke tempat Wisata di Trenggalek ini, ada baiknya anda harus tahu Daftar tempat Wisata di Trenggalak yang bisa anda lihat di bawah ini.


Tempat Wisata Paling Populer di Trenggalek Jawa Timur
1. Pantai Prigi


Pantai Prigi ini berlokasi di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo berjarak sekitar 48 km di sisi selatan Kota Trenggalek. Pantai Prigi ini terbagi menjadi 2 kawasan yakni di sisi barat adalah objek wisata pantai, sedangkan di bagian timurnya sebuah Pelabuhan Kapal Nelayan. Jadi bagi Anda yang ingin membeli ikan laut segar hasil tangkapan Nelayan, bisa mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan Pantai Prigi. Kegiatan yang bisa dilakukan ketika berwisata di pantai Prigi ini yaitu berenang, bermain pasir, memancing ikan, sepakbola pantai dan voli pantai. Disini menyediakan fasilitas penunjang wisata seperti sewa pelampung, warung makan dan juga penginapan.
2. Pantai Pasir Putih Trenggalek


Seperti namanya, Pantai Pasir Putih di Trenggalek ini memiliki warna pasir putih, air laut yang jernih dan dikelilingi pemandangan alam hijau yang menyegarkan mata. Selain berenang dan bersantai, Anda bisa mencoba menyewa perahu nelayan untuk berlayar mengelilingi perairan Pantai Pasir Putih. Tarif sewanya 25.000 Rupiah per orang. Untuk fasilitas yang tersedia di tempat wisata Trenggalek ini seperti area parkir, penyewaan pelampung, warung makan, musholla, kamar mandi dan penginapan. Lokasi Pantai Pasir Putih ini berada di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo berjarak sekitar 3 km dari Pantai Prigi. Nama lain Pantai Pasir Putih Trenggalek ini adalah Pantai Karanggongso.
3. Pantai Damas


Pantai berpasir hitam dan masih alami ini berlokasi sekitar 5 km di sisi barat daya Pantai Prigi tepatnya di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo atau sekitar 53 km dari pusat Kota Trenggalek. Pantai Damas ini merupakan kawasan wisata pantai yang tenang. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Damas diantaranya berenang, bersantai, berselancar, bermain voli pantai dan lainnya. Disini, Anda juga bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu nelayan. Untuk Fasilitas pendukung yang disediakan seperti lahan parkir, warung makan dan penginapan.

4. Pantai Pelang



Pantai Pelang berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kab. Trenggalek. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Trenggalek yakni sekitar 57 km, tempat wisata pantai di Trenggalek ini menyimpan pesona alam yang memikat. Hamparan pasir putih yang luas, air yang jernih, dan perbukitan hijau yang menyegarkan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ombak di pantai ini terbilang cukup besar jadi Anda harus berhati-hati bila ingin bermain air di tepi pantai. Jika Anda berjalan ke sebelah timur Pantai Pelang sekitar 100 meter, Anda akan menjumpai sebuah Goa. Goa ini memiliki kedalaman lebih kurang 500 meter.

Keindahan alam Pantai Pelang juga bisa Anda saksikan dari atas bukit. Di atas bukit ini Anda akan menyaksikan keindahan pantai dengan pemandangan laut biru yang menawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Pelang ini adalah lahan parkir, warung makan, taman bermain dan penginapan.
5. Pantai Taman Kili-Kili


Pantai Taman Kili-Kili berlokasi di Desa Wonocoyo Kec. Panggul berjarak sekitar 54 km dari pusat kota Trenggalek. Pantai Taman kili-kili ini mempunyai hamparan pasir di sepanjang tepinya yang akan tampak indah saat Sunrise atau Sunset. Pantai ini memiliki objek wisata lainnya yang berupa konservasi pembudidayaan Penyu yang dikelola oleh Kegiatan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang tujuannya untuk mengawal induk penyu yang sudah selesai bertelur, memindahkan telur-telur penyu ke tempat konservasi, menampung dan memelihara Tukik (Anak Penyu) yang baru menetas dan Melepas Tukik (Anak Penyu).
6. Pantai Blado


Pantai Blado berlokasi di desa dan kec. Munjungan yakni sekitar 47 Km ke arah barat daya kota Trenggalek. Pantai Blado ini merupakan pantai yang memiliki ombak besar dan terbilang masih sangat alami. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga menjadikannya memiliki ombak yang besar dan sangat cocok untuk kegiatan surving.
7. Pantai Ngampiran


Pantai Ngampiran berlokasi di desa Tawing kec. Munjungan, sekitar 4 km arah timur dari Kantor Camat Munjungan atau kurang lebih 53 km arah selatan dari kota Trenggalek. Pantai Ngampiran ini juga masih sangat alami. Pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang sedang dan karang-karang yang tersebar di sepanjang pantai sehingga cocok untuk melakukan kegiatan memancing, bermain, menyelam, berlayar dan bersantai. Sebagian besar pantai ini digunakan untuk aktivitas para nelayan untuk mencari ikan. Fasilitas yang disediakan di Pantai Ngampiran diantaranya pondok wisata, penginapan, toilet dan lainnya.
8. Hutan Bakau Pancer Cengkrong


Hutan Bakau atau Mangrove Pancer Cengkrong ini masih berada di wilayah kecamatan Watulimo, yakni tepatnya di Desa Karanggandu. Dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Kejung Samodra. Disini, Anda bisa belajar mengenai cara pembudidayaan tanaman bakau. Bila Anda ingin berjalan menelusuri kawasan hutan, sudah tersedia jembatan kayu agar bisa menikmati panorama alam hutan bakau dengan nyaman. Di bawah jembatan akan terdapat Sungai Kalisongo yang mengalir menuju ke Pantai Cengkrong.
9. Goa Lowo


Goa Lowo atau Goa Kelelawar Trenggalek ini berlokasi di Desa Watuagung, Kec. Watulimo yakni sekitar 30 Km dari pusat kota Trenggalek, searah dengan rute perjalanan ke pantai Prigi. Goa yang indah ini mempunyai stalagtit dan stalagmit yang terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas. Tidak sulit untuk bisa menuju lokasi goa ini, karena akses jalannya relatif bagus dan aman, meskipun harus melewati hutan jati. Keindahan dinding goa dengan stalagtit dan stalagmit semakin terlihat artistik dengan pancaran cahaya yang sedemikian rupa sehingga menambah daya tarik goa ini.
10. Hutan Kota


Hutan Kota Trenggalek merupakan tempat wisata di Trenggalek alternatif di Gunung Jaas yang berlokasi di Kelurahan Ngantru, Kec. Trenggalek. Hutan Kota Trenggalek mulai menjadi tujuan wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Trenggalek. Di lokasi Hutan Kota ini, Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berkuda. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan alam berupa perbukitan dan pegunungan yang sangat menawan.
11. Pantai Karanggongso


Pantai Karanggongso sebuah objek wisata pantai yang di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dengan memilki jarak sekitar kurang lebih 52 kilometer. Pantai Karanggongso ini merupakan salah satu pantai favorit waga masyarakat Trenggalek. Fasilitas yang ada dilokasi tersebut sangat lengkap. Akses menuju lokasi tersebut sangat mudah untuk dijangkau.
Dilokasi tersebut pengunjung dapat  menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Serta dapat mengabadikan momen tersebut dengan berfoto – foto sebagai background prewedding atau koleksi pribadi.
Harga tiket masuk di lokasi wisata ini pada hari libur sekitar Rp. 7.500,- usia anak. Untuk orang dewasa sekitar Rp. 10.000,-. Sedangkan pada hari biasa tiket masuk sekitar Rp. 5.000,- usia anak. Sedangkan orang dewasa Rp. 7.500,-.
12. Pantai Ngulungwetan


Pantai Ngulungwetan merupakan pantai yang memiliki pemandangan yang  masih alami.  Pantai Ngulungwetan berada di Desa Ngulungwetan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Objek wisata ini memiliki keindahan yang berbeda dengan pantai lain. Di bibir pantai terdapat pepohonan kelapa yang menambah keindahan pemandangan alam yang sangat menawan. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati panorama keindahan laut bebas sembari berenang di sekitar bibir pantai. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sunset yang sangat indah.
13. Pantai Ngadipuro


Selain memiliki wisata pantai yang sangat menawan, Kabupaten Trenggalek juga memiliki lokasi wisata pantai yang cocok untuk dikunjugi yaitu Pantai Nagdipuro. Lokasi objek wisata ini berada di Desa Craken Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.  Pantai Ngadipuro menawarkan pemandangan pasir pantai serta ombak pantai yang landai. Selain itu lokasi tersebut dijadikan sebagai kampong para nelayan untuk mencari ikan. Fasilitas di lokasi wisata ini masih belum tersedia, karena masih dalam tahap pengembangan oleh Pemerentah Kabupaten Trenggalek.

14. Pantai Konang


bjek wisata yang satu ini sangat indah lo sob, yaitu Pantai Konang. Objek wisata Pantai Konang terletak di Desa Ngebleng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Objek wisata tersebut memiliki keindahan yang berbeda dengan lokasi wisata lain.  Panjang dari Pantai Konang ini sekitar 1,5 kilometer, serta memiliki luas pantai sekitar 11 hektar. Lokasi wisata tersebut dimanfaatkan sebagai kampong nelayang serta  lahan tanaman kelapa.
Karaktertistik yang dimiliki objek wisata Pantai Konang Panggul ini yaitu memiliki ombak yang cukup besar. Sangat cocok digunakan untuk berselancar. Namun pengelolaan di lokasi wisata Pantai Konang ini belum maksimal apalagi saat musim ombak pantai yang besar, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai tersebut dikarenakan sangat berbahaya. Aktifitas yang dapat di lakukan di lokasi wisata tersebut antara lain menikmati ikan bakar, menikmati pemandangan pantai, berbelanja oleh – oleh berupa ikan, dan lain – lain. Fasilitas yang ada di lokasi tersebut antara lain penginapan, ATV, naik perahu nelayan, warung makan, toilet, dan area parkir.
15. Bukit Banyon


Menjelajahi objek wisata alam berupa pegunungan atau perbukitan merupakan suatu hal yang menyenagkan. Apalagi saat cuaca cerah seperti ini. Salah satu objek wisata  patut untuk dicoba dengan menjelajah perbukitan di kawasan Kabupaten Trenggalek adalah bernama Bukit Banyon. Kadang orang menyebutnya dengan Negeri Di Atas Awan. Objek wisata Bukit Banyon terletak di Desa Widoro Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Objek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan dari atas bukit tersebut. Objek wisata Bukit Banyon  ini mulai ngehits beberapa waktu terakhir ini. Pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini dapat menikmati 3  keindahan alam diantaranya matahari terbenam (Sunset ), matahari terbit di saat pagi hari ( Sunrise ), dan sebuah sensasi terasa berada di negeri atas awan.
16. Gunung Gemblung Durenan


Wisata alam merupakan wisata yang paling sering dicari oleh pecinta wisata. Disalah satu Kabupaten di Jawa Timur memiliki sebuah wisata alam yang unik nan indah untuk dikunjungi yaitu bernama Gunung Gemblung. Lokasi Objek wisata Gunung Gemblung berada di antara 2 Desa yaitu Desa Kendalrejo dan Semarum Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Atau Sekitar kurang lebih dari 17 kilo meter dari pusat Kota Trenggalek. Fasilitas yang ada dilokasi tersebut yaitu wisata goa, musola, pemukiman penduduk, toilet, sumber air, jalur trek Anventure. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati panorama sunset dan sunrise di lokasi wisata Gunung Gemblung ini.
17. Puncak Gunung Sepikul


Menikmati wisata alam merupakan kegiatan yang sengat menyenangkan. Apalagi lokasi wisata tersebut sangat alami serta memiliki panorama keindahan yang sangat istimewa. Salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Trenggalek yang mungkin belum banyak diketahui oleh para wisatawan adalah Wisata Puncak Gunung Sepikul. Lokasi obyek wisata ini berada di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Obyek wisata tersebut memiliki tebing  yang sangat tinggi serta memiliki potensi untuk mengembangkan bakat khususnya olahraga panjat tebing
Jalur menuju lokasi wisata Puncak Gunung Sepikul dari Kabupaten Trenggalek menuju kearah timur, sampai di perempatan Kecamatan Durenan mengambil arah ke selatan sampai ke wisata Gua Lowo atau Desa Watuagung lokasi tersebut paling dekat dengan Puncak tebing Gunung Sepikul. Sedangkan jika pengunjung yang dari arah Kabupaten Tulungagung ambil arah menuju Kabupaten Trenggalek sampai menemukan perempatan Kecamatan Durenan mengambil arah ke selatan sampai ke wisata Gua Lowo atau Desa Watuagung.
18. Sungai Kedung Maron


Lokasi objek wisata ini berada di Desa Salam Wates Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Panorama yang disajikan di lokasi objek wisata Kedung Maron ini tak kalah indah dengan destinasi wisata di daerah lain. Keindahan objek wisata tersebut terlihat jelas dari kombinasi persawahan penduduk dengan sungai Kedung Maron yang jernih dan alami. Selain menikmati panorama di lokasi tersebut, pengunjung yang datang juga mandi atau berenang di lokasi Kedung Maron tersebut, karena lokasi ini memiliki aliran air yang sangat jernih serta kolam renang yang masih alami.
19. Jurug Waru Dongko


Lokasi objek wisata Jurug Waru berada di Desa Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Jurug Waru  ini memiliki sebuah keindahan berbeda yang di kelilingi oleh perbukit yang sangat indah. Lokasi objek wisata tersebut memiliki tebing tebing yang megah nan indah. Dinamakan Jurug Waru karena air terjun yang ada di sekitar lokasi membentuk seperti daun waru atau hati. Bagi Anda yang berkunjung ke Kabupaten Trenggalek sempatkanlah untuk mampir ke lokasiJurug Waru tersebut.

20. Goa Ngerit


alah satu objek wisata yang menarik, di Kabupaten Trenggalek adalah Goa Ngerit. Goa ini terletak di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur. Gua Ngerit ini dulunya sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal namun sekarang tinggal sebuah kenangan. Karena lokasi tersebut belum di kelola oleh pemerintah setempat. Namun bagi Anda yang menyukai objek wisata alami, Gua Ngerit ini sangat cocok untuk dikunjungi. Banyak terdapat Gua – Goa kecil di sekitar lokasi Goa Ngerit tersebut. Jalan bebatuan dan sungai yang jernih memikat hati para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini. Namun tetap harus berhati-hati untuk menulusuri area Goa tersebut.
Akses menuju Gua Ngerit tersebut pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusata Kota Trenggalek pengunjung mencari jalur menuju ke Kecamatan Kampak, sampai di Kecamatan Kampak, melanjutkan perjalan menuju arah pantai Prigi melewat Desa Senden. Di jalur tersebut pengunjung akan menemukan lokasi Goa Ngerit tersebut.
21. Goa Sriti Durenan


Di Kabupaten Trenggalek memiliki tempat wisata yang masih tersembunyi. Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik berupa wisata pantai, air terjun, goa, pegunungan, bendungan, bukit, di Kabupaten Trenggalek ini meiliki tempat wisata yang sangat eksotis. Salah satunya yaitu Goa Sriti, Lokasi objek wisata ini berada di di antara Desa Semarum dan Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Objek wisata Gua Sriti ini memiliki struktur tebing yang sangat kokoh  serta memiliki air terjun yang sangat jernih. Di lokasi tersebut terdapat sebuah kolam yang biasanya digunakan para pungunjung yang ingin mandi atau berenang. Kejernihan serta kesegaran air dari sungai di sekitar lokasi membuat pecinta wisata betah berlama – lama berada di lokasi objek wisata Gua Sriti ini. Selain itu jalur menuju lokasi tersebut juga digunakan untuk melakukan adventure motorcroos atau bersepeda Down Hill. Bagi pencinta hobi tersebut lokasi ini sangatla cocok untuk dikunjungi.
22. Puncak Gunung Prongos Kampak


Objek wisata baru yang menjadi pilihan muda mudi akhir – akhir ini di Kabupaten Trenggalek yaitu Puncak GunungProngos. Gunung prongos atau biasa disebut dengan Ngarai Prongos ini berada di Desa Timahan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek.  Lokasi tersebut dulunya adalah bekas pertambangan batu gamping yang sudah tidak diexplorasi lagi. Luas kawasan wisata puncak Gunung Prongos tersebut  sekitar  100 meter persegi, dengan ketinggian sekitar 550 Mdpl. Lokasi wisata ini berada di tengah – tengah kawasan hutan milik perhutani.
23. Angkringan Pohon Gunung Gemblung


Wisata alam yang satu ini merupakan wisata yang paling ngehits saat ini dan mulai di datangi oleh wisatawan. Lokasi wisata tersebut bernama Angkringan Pohon Gunung Gemblung. Lokasi wisata Angkringan Pohon tersebut berada di Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek tentunya di Propinsi Jawa Timur.
Objek wisata ini memiliki sebuah panorama wisata alam yang unik nan indah, selain  itu juga memiliki kesegaran udara yang khas dengan suasana pegunungan. Dilokasi wisata ini  para wisatawan dapat menyaksikan langsung eksotisme dari puncak Angkringan Pohon hasil kreatifitas salah satu pemuda Durenan. Dan hasil dari kreatifitasnya mampu membanggakan serta menjadi kembanggaan daerah sekitar lokasi wisata Gunung Gemblung tersebut.
24. Bukit Gembes Manjuangan


Wisata baru yang satu ini perlu dicoba serta memiliki panorama keindahan alam yang luar bisa. Objek wisata tersebut adalah Bukit Gembes. Lokasi objek wisata ini berada di Dusun Gembes Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.  Dilokasi wisata ini  para wisatawan dapat menyaksikan langsung eksotisme dari puncak menara pohon hasil kreatifitas para pemuda sekitar lokasi wisata tersebut. Dan hasilnya sangat  membanggakan serta menjadi kembanggaan daerah sekitar lokasi wisata tersebut.
Kegiatan yang dapat Anda lakukan di lokasi tersebut diantaranya menikmati keindahan alam, berfoto atau mengambil gambar dengan panorama sekitar lokasi tersebut. Pada malam hari Anda akan dapat melihat kerlap – kerlip lampu penerangan di daerah sekitar Kecamatan Munjungan. Suasana tersebut menambah keindahan malam saat berada di puncak menara tersebut.
25. Coban Rambat Dompyong



Salah satu objek wisata yang bakalan ngehit dan perlu Anda coba, Coban Rambat sebuah objek wisata baru yang dimiliki oleh Kabupaten Trenggalek ini memiliki keindahan wisata yang berbeda. Lokasi objek wisata tersebut berada di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaeten Trenggalek.  .
Objek wisata Coban Rambat ini memiliki sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi. Namun derasnya air yang mengalir dari atas bebatuan tersebut menyuguhkan sebuah keindahan sendiri yang dapat menyejukan hati para pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut. Letak objek wisata ini tidak jauh dari jalan jalan raya, sehingga para wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut sangat mudah untuk menemukanya.


 Akhir Kata

Demikian dengan info Tempat wisata di Kabupaten Trenggalek jawa Timur kali ini. Semoga dengan adanya daftar Tempat Wisata di trenggalek kali ini bisa memudahkan anda dalam memilih tempat wisata yang seru menurut pilihan anda. jangan lupa untuk selalu berkunjung kesini untuk bisa mendapatkan info terbaru Tempat Wisata lainnya

Sumber: www.pakartekno.com
Previous
Next Post »