Pengertian, Perbedaan, Macam, Dan Istilah Istilah Tentang Dunia Anime (Otaku/Wibu/Hikikomori/Chuunibyou/Dll)



Halooo minna-san. gomen-ne aku udah lama gak ngepost tentang anime. Nah pertama aku akan ngebahas tentang pengertian Hikikomori, Masokis, Lolicon, & Chuunibyou dulu minna!.. 



1. Hikikomori 

Kebanyakan otaku begini nih. Natap layar komputer.
Hikikomori adalah orang-orang yang suka menyendiri dan mengisolasikan diri dari lingkungan sosial. Ia kadang keluar hanya untuk membeli makan dan bersekolah. Ia lebih suka berurusan dengan hal yang berhubungan dengan animanga dari pada bermain atau bergaul bersama teman teman nya.

Duh.. parah banget deh --" . Kuakui sih aku hampir pernah begini, tapi sekarang udah sadar. Yah, mungkin beberapa ada yang begini? Agak gak baik sih yah untuk mental kita. Sebaik nya kita tetap menjaga komunikasi kita dengan sekitar dan jangan sampai mengisolasikan diri.

2. Masokis

Ini aku agak bingung ngejelasinnya -___- . Tapi yang jelas yah ini bisa dibilang penyakit mental/ kejiwaan!!~
Pengidap Masokis biasanya menerima jika ia di perlakukan kasar dan direndahkan. Ia merasa senang dan baik baik saja jika disakiti oleh dirinya dan orang lain.
Ku search ke berbagai sumber dan memperoleh kesimpulan.
Jadi biar ngerti aku beri penjelasan yang simpel saja.
Masokis adalah gangguan kejiwaan yang menyebabkan penderitanya merasa tak apa apa atau malah senang meski di perlakukan tak baik (misalnya dipukul, tampar, dll).
Dalam kamus Kesehatan Masokis adalah rasa kesenangan yang muncul akibat rasa sakit fisik maupun psikologis dari dirinya sendiri atau org lain.
Penyebabnya mungkin kebanyakan akibat trauma.

3. Lolicon

HUAAA~ . He..ehe..he. Hm ada yg lolicon disini? jangan semudah itu ngaku kalo kamu lolicon. Udah tau arti lolicon yang sebenernya? Yah ini juga sebutan yang kerap otaku pake kalo ia suka ama tokoh yang berwajah anak anak yg kawai.

Lolicon (bahasa Jepang:
ロリコン; gabungan kata dari Lolita complex). Dalam bahasa aslinya Lolicon memiliki makna seseorang yang mempunyai obsesi pada anak-anak dibawah umur, menjelang atau sebelum masa pubertas yang disebut Lolita (kerap kali hanya disebut loli saja). Obsesi seperti yang dinyatakan pada tulisan sebelumnya dapat bermakna obsesi yang tidak berhubungan dengan sexualitas.

Yup begitu lah kira kira (copas)an ku. Jujur aku agak gak suka lolicon tapi aku gak membencinya! ya aku menghargai berbagai sikap para otaku!! Gu ra ra ra ra ra *ketawa Shirohige*

4. Chuunibyou

Chuunibyou аԁаƖаh suatu gejala ԁі mana seseorang anak уаnɡ berumur sekitar 14 tahun cenderung bersikap sok atau bersikap seolah-olah ia memiliki kekuatan supranatural ԁаn semacamnya. Aԁа juga уаnɡ bersikap jijikan, sombong, ԁаn bahkan meremehkan orang ԁі sekitarnya.Sikap ѕереrtі іnі biasanya ditemukan pada anak remaja уаnɡ memasuki mаѕа pubertas. Namun mаѕіh аԁа juga orang уаnɡ ѕυԁаh dewasa (SMA kе atas) mаѕіh bersikap ѕереrtі іnі.

Chuunibyou dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

1. DQN Chuunibyou : DQN (DQN
, dokyun-kei), уаіtυ cenderung berpura-pura bersikap challenging-sosial atau menjadi anak nakal padahal tіԁаk. Biasanya ia mengarang tеntаnɡ cerita tawuran atau semacamnya. “DQN” bermakna “si challenging-sosial” atau “si anak nakal”.Chuunibyou tipe DQN biasa dialami οƖеh orang-orang уаnɡ agak mеrаѕа kecewa ѕаmа dunia real ԁаn punya ketidakpuasan ԁаƖаm lingkungan keluarga

2. Subculture/Hipster (
サブカル系, SubCul-kei) Chuunibyou, уаіtυ cenderung memilih non-mainstream / yg peminatnya sedikit аɡаr ia mеrаѕа berbeda. Terkadang orang ѕереrtі іnі јаrаnɡ suka budaya ѕеnԁіrі, namun Ɩеbіh memilih budaya luar аɡаr dianggap keren krn berbeda minat dgn orang lain.Fenomena 4LaY bіѕа digolongkan kе tipe іnі. Tapi kalau dipikir-pikir juga, kayaknya tipe іnі уаnɡ barrier sering ditemuin ԁі Indonesia. Banyakkan tuh orang-orang уаnɡ ngomong kagak јеƖаѕ уаnɡ dibuat sok imut, pakaian ԁаn gaya rambut kagak јеƖаѕ bentuknya,ԁаn sejenisnyalahіnі Subkultural #Chuunibyou ԁі Indonesia ……

3. Evil Mind/Mata Iblis (
邪気眼系, Jakigan-kei), уаіtυ cenderung mеrаѕа memiliki kekuatan supranatural. Jenis іnі sering menghayal уаnɡ aneh”. 3. Evil Mind/Mata Iblis (邪気眼系, Jakigan-kei), уаіtυ cenderung mеrаѕа memiliki kekuatan supranatural. Jenis іnі sering menghayal уаnɡ aneh”. Inі biasanya Chuunibyou уаnɡ dialami orang-orang уаnɡ kelewat banyak mengkonsumsi Manga atau Anime.Mеrеkа mеrаѕа kalau mеrеkа perpotensi atau bahkan memiliki kekuatan spiritual ԁаn semacamnya.Contohnya: Anime Chuunibyou demo koi ga shitai!Dаrі Segi Psikologi atau Sosiologi #Chuunibyou~ : Faktor pendorong terjadinya interaksi sosial, Identifikasi, merupakan kecenderungan atau keinginan seseorang υntυk menjadi ѕаmа ԁеnɡаn ріhаk lain (meniru secara keseluruhan).


Yup itulah penjelasan tentang pengertian dari Masokis, Hikikomori, Lolicon, dan Chuunibyou.



 

Lalu Apa Bedanya OTAKU Dan WIBU...?


Mungkin sahabat zignime ada yang sering mendengar kata “wibu” atau “otaku”. Nah mungkin kalian masih bingung, “wibu” tuh apaan sih? Nah. Media Formasi kali ini akan ngebahas apa itu wibu dan perbedaannya dengan otaku. So, check it out!




Wibu adalah…

Wibu adalah orang yang bisa dibilang “over-fanatik” terhadap segala yang berbau Jejepangan. Apalagi Anime dan J-Pop.

Wibu dapat dilihat dari kelakuannya di sosial media (terutama facebook) yang pokoknya serba Jejepangan. Mulai dari profile picture-nya yang tidak pernah menggunakan foto asli dan menggunakan foto Jejepangan, menggunakan nama samaran yang berbau jejepangan (misalnya nama aslinya Sunardi kemudian di sosmed diubah jadi Yoshikawa, dll), dan selalu mengagung-agungkan Jepang dan membuang negeri sendiri. Gaya bicara seorang wibu juga khas, yakni mencampuradukkan bahasanya sendiri dengan kata serapan dari Bahasa Jepang seperti desu, sugoii, kawaii, dan lainnya.

Intinya, wibu itu bisa dibilang orang yang terlalu fanatik dengan Jejepangan. Semua perilakunya berkiblat pada Jepang, Jepang, dan Jepang.

Namun yang perlu diingat, tidak semua krang yang suka dengan Jepang adalah Wibu. Mereka bisa saja disebut Otaku.




Otaku adalah…

Nah kalau tadi kita ngebahas soal Wibu, sekarang ada istilah yang 11-12 sama wibu. Yakni Otaku.

Otaku hampir setara dengan wibu. Namun Otaku lebih less-fanatic dibandingkan Wibu. Terkadang, orang mendefinisikan Otaku adalah Wibu, namun hanya untuk orang Jepang asli.

Seperti yang mimin bilang sebelumnya, Otaku lebih less-fanatic dibandingkan Wibu. Otaku suka dengam jejepangan namun tidak secara berlebihan.

Otaku terkadang tidak terlalu menunjukkan kesukaannya terhadap Jepang, dan masih mencintai budaya negeri sendiri.




Kesimpulan:

Ya, definisi wibu dan otaku sendiri masih banyak diperbincangkan oleh banyak orang dan komunitas. Namun definisi wibu dan otaku pada postingan ini adalah pendapat dari mimin sendiri.

Kalau kamu suka dengan budaya Jepang, jangan lupakan apalagi membenci budaya sendiri ya!

Untuk pengertian lebih mendalam mengenai istilah ini, jangan hanya mengambil sumber dari satu artikel saja agar tidak menimbulkan pengertian yang bersifat subjektif ya, !







Jangan ngaku Otaku kalau kamu nggak tau jenis-jenis otaku dibawah ini. Beberapa orang mengartikan otaku dalam arti yang umum dibicarakan di socmed, yaitu “penggila anime” . Namun, penggila seperti apa yang dimaksud. Berikut adalah jenis-jenis otaku yang dirangkum oleh Zignime secara spesifik,


1. ATAKU (Anime / Manga Otaku)

Ini julukan untuk mereka yang suka membaca anime atau manga. Sejak abad ke-20, hampir semua orang di Jepang mambaca manga dan menonton anime di beberapa tempat umum di Jepang. Bahkan di kamar mandi, kereta api, dan di ruang tunggu pun disediakan bacaan ini. Inilah yang memicu munculnya beberapa orang sangat terobsesi denga keberadaan manga /anime ini.


2. FITAKU (Figure otaku [Figure Moe Zoku])
 
11 Tipe-Tipe Otaku Yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk Otaku yang Mana Ya?

Mereka lebih suka mengumpulkan figure-figure anime yang disukainya. Figure Moe Zoku diartikan sebagai orang-orang yang sangat mencintai figure “figurine lover gang”. Mereka adalah para kolektor ataupun pengoleksi figure dalam jumlah yang banyak. Tony Taka adalah salah satunya. Selain kolektor, dia juga adalah pencipta figure anime cewek cantik yang sangat terkenal.


3. GETAKU (Game Otaku)

11 Tipe-Tipe Otaku Yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk Otaku yang Mana Ya?

Mereka lebih suka anime yang dikemas dalam bentuk game, misalnya Doujin, Visual Novel, dan sebagainya. Mereka disebut sebagai GETAKU atau game otaku. Otaku jenis ini biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar monitor. Bahkan, mereka juga membangun komunitas tersendiri di dunia maya, dimana komunitas ini bahkan tidak pernah mereka temui secara langsung. Meski demikian, mereka sangat menikmatinya.


4. COTAKU (Cosplay Otaku)

Mereka suka anime dan ingin memperagakannya. Cosplay otaku ini identik dengan mengenakan pakaian atau kostum dan bermain peran dari salah satu tokoh anime, manga, dan idola yang mereka sukai. Otaku jenis ini siap menanggung besarnya biaya untuk menghadiri acara ataupun membeli kostum yang berlebihan. Namun, buat mereka yang low budget atau mau tampil kreatif, mereka akan membuat kostum mereka sendiri.


5. ITAKU (Idol & JPop Otaku)

11 Tipe-Tipe Otaku Yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk Otaku yang Mana Ya?

ITAKU juga biasanya disebut sebagai Wota. Ini adalah istilah untuk orang yang terobsesi dengan idola perempuan ataupun laki-laki (Jpop). Mereka sering berkumpul, seperti misalnya idola group Jpop AKB48 yang memiliki teater musik sendiri di Akihabara, dan mereka berkumpul di malam hari. Wota juga akan mengumpulkan majalah ataupun poster idola dan sering datang ke konser idola mereka untuk memotret idola nya.


6. PASOTAKU (Pasocon Otaku)

Istilah Pasocon Otaku adalah istilah yang menggambarkan para otaku yang terobsesi dengan teknologi komputer. Mereka sering mempelajari spesifikasi hardware dan software secara rinci. Mereka juga sangat menikmati untuk membahas perangkat-perangkat terbaru komputer. Mereka sering menghabiskan banyak waktu mengkonfigurasi dan menyesuaikan perangkat lunak/software. Nggak heran jika para otaku ini kemudian menjelma menjadi ahli di pemrograman komputer atau keamanan jaringan.


7. TRAITAKU (Train Otaku – Tetsudou Otaku)

Mungkin kamu baru dengan dengan istilah yang satu ini. Seperti yang kamu ketahui bahwa ada banyak sekali kereta api di Jepang. Tetsudou Otaku terobsesi untuk memotret kereta dan naik kereta sesering mungkin. Mereka juga sangat tertarik pada seragam kereta api dan model kereta api terbaru.


8. CUTAKU (Culture Otaku – Wapanese)

11 Tipe-Tipe Otaku Yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk Otaku yang Mana Ya?

Biasanya yang menjadi CUTAKU adalah orang Non-Jepang. Mereka juga sering disebut sebagai Wapanese. Ini adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris “Want to be Japanese”. Mereka adalah orang-orang non-Jepang yang sangat terobsesi dalam berbagai aspek budaya Jepang. CUTAKU kebanyakan menjadi terampil berbahasa Jepang dan juga bela diri.


9. ROTAKU (Robot Otaku)

11 Tipe-Tipe Otaku Yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk Otaku yang Mana Ya? 
Ada banyak jenis robot di Jepang yang dibuat menyerupai tokoh anime. Sudah lama sekali negara Jepang melakukan penelitian dan menciptakan berbagai jenis robot anime, robot manusia, dan robot-robot jenis lainnya. Inilah yang membuatseorang robot otaku sangat tertarik dengan budaya populer ini.


10. SEITAKU (Voice Actress Otaku – Seiyuu Otaku) 

Ada beberapa Anime lovers yang lebih suka dengan pengisi suara ketimbang tokoh animenya. Alasannya simpel, karena suara mereka punya ciri khas dan lucu. Ini adalah jenis Anime Otaku yang cukup unik. Mereka amat terobsesi dengan suara aktor dan aktris dari produksi Anime yang disukainya.




11. FETAKU (Female History Otaku Reki-Jo)

11 Tipe-Tipe Otaku Yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk Otaku yang Mana Ya?

FETAKU merupakan penggemar sejarah perempuan di Jepang. Mereka tertarik dalam sejarah Jepang pra-industri hingga masa kini. Mereka juga bahkan membentuk kelompok-kelompok sosial dan berkumpul untuk berpakaian kostum periode. Mereka akan menyesuaikan ucapan dan tingkah laku dari Jepang tua di masa sekarang. Mereka adalah para otaku yang suka melestarikan budaya Jepang zaman dulu hingga masa kini. Tujuannya supaya para generasi muda nggak lupa dengan budaya lama mereka. Wah, patut dicontoh nih.


Zignime sudah mengumpulkan beberapa istilah yang sering diucapkan maupun didengarkan dari sesama Otaku, apa saja itu?

Ahegao: Wajah NSFW aneh yang kadang-kadang terlihat pada Hentai/Ero games. Ciri wajah ahegao mata roll keatas, mulut terbuka dan lidah keluar. 



Ahoge: Rambut menjulang ke atas melawan gravitasi bumi. Contoh pemilik rambut ahoge: “Araragi (Bakemonogatari)”, “Konata (Lucky Star)”, “Aka-chan (Seitokai no Ichizon)”, “Tsumiki (Acchi Kocchi)”, Riika (Chuunibyou).



All Hail: Semacam penghormatan, bisa diartikan "Long life!" atau "Hidup!" All Hail dipopulerkan di anime Code Geass, dari kata All Hail Britannia 



Animelo: "Animelo Summer Live". Konser Anime terbesar di Jepang yang dilakukan tiap tahun, pertama kali diadakan musim panas tahun 2005.





Anisama: "Animelo's performers are often called Anisama Friends"



Bishojo: Karakter cewek yang cantik di luar kewajaran



Bishounen: Karakter cowok yang tampan di luar kewajaran



Brocon: "Brother complex". Memiliki perasaan/ hubungan percintaan dengan saudara laki-laki .



Buruma: "Bloomers" Celana bawahan yang dikenakan karakter perempuan saat berolahraga.



Chara: Karakter/tokoh yang ada dalam Anime (Chara => Character)



Chibi: Berbeda dengan SD. Untuk istilah Chibi lebih mendekati kesan Imut/Cute. Perbedaannya hampir tipis dengan SD, Pada Chibi proporsi ukuran kepala lebih besar ketimbang badan. Biasanya digunakan untuk adegan Joke. 



Circle: Satu/Sekumpulan orang yang membuat Doujinshi, biasa memamerkan & menjual karyanya saat Comiket. Karya dari circle-circle yang sudah terkenal, sangat diburu saat Comiket.



Comiket: "Comic Market" Pameran atau book fair yang diadakan di Jepang setahun dua kali, selalu dijejali penggemar komik yang meng-hunting Doujin menarik , figurin, dll..



C14: C =Comiket, C14 berarti Comiket ke 14



Cosplay: (Costum Play) atau disebut juga Cosu. Suatu acara dimana para fans anime yang menggunakan kostum dari suatu karakter lalu memerankan/bergaya menjadi karakter tersebut. Kostum tersebut bisa mereka ambil modelnya dari karakter Anime/Manga, Game, Kartun atau dari Film. Namun biasa lebih banyak menggunakan kostum karakter Anime Jepang. Orang yang melakukan Cosu disebut Cosplayer.



Cours: Istilah untuk menyebut jumlah episode, biasanya identik dengan sebutan season, Berbeda dengan season di kebanyakan negara barat yang biasanya berjumlah 24 episode (6 bulan). 1 cour di Jepang umumnya jumlah episode sepanjang 3 bulan (12-13 episode), namun terkadang ada yang berjumlah 14 episode. Adapun "season" di industri anime Jepang memiliki istilah sendiri yaitu "ki" dan "cours" adalah subset dari "ki/season"

Contoh: Strike Witches memiliki 12 episode (1 cours); The Melancholy of Haruhi suzumiya memiliki 14 episodes (1 cours), Acchi Kocchi 12 episode, brave 10 12 episode. 



Cross Dress: Cosplayer yang menggunakan kostum lawan jenisnya. Contoh karakter yang seharusnya laki-laki namun diperankan oleh perempuan, demikian sebaliknya.



Crossover: Atau bisa disebut anime Cosplay ; yaitu Character Anime yang menggunakan kostum Character Anime lainnya.



Doujinshi: Semacam Fanart, yaitu membuat cerita sendiri dengan karakter dari Anime/Manga yang sudah ada atau populer. Doujinshi juga menjadi incaran para Otaku, bahkan ada yang menjualnya dalam bentuk komik. Biasanya di dalam Doujinshi karakter Manga/Anime yang kita kenal dapat bersifat OOC (Out Of Charakter) sesuai dengan apa yang diinginkan fans. 



Drama CD: CD berisi dialog yang dilakukan Seiyuu, berupa kumpulan percakapan para Seiyuu dari Internet Radio CD, acting yang berdasarkan plot light novel lengkap dengan sound effect-nya, atau bisa juga sebagai tambahan (Omake) obrolan ringan karakter tersebut.



Ecchi: Bisa diartikan berkonten porn, tetapi mempunyai batas-batas tertentu (porn ringan) / tidak sampai adegan sex.



Ero: Hal-hal yang berbau erotisme.



Ero game: "Erotic Game" Game dengan alur cerita dan gambar yang "menantang" /erotis.



Ero Guro: Sama seperti Guro atau Gore, tapi ini dikombinasikan dengan ketelanjangan dan sex. Contoh: Elfen field.



Eyecatch: Gambar+musik yang sering muncul di tengah Anime, sebenarnya di aslinya muncul sebelum dan sesudah penayangan iklan TV. Biasa berisi karakter anime, adegan, atau hanya logo anime dengan background.



Fanart: Karya para fans berupa gambar chara yang mereka inspirasi dari Anime/Manga favorit mereka.



Fanfic/Fanfiction: Cerita karangan dari fans yang menggunakan Tokoh/karakter ataupun modifikasi cerita dari sebuah Anime/manga.





Fanservise: Adegan yang sengaja dibuat oleh mangaka-nya untuk menyenangkan para penggemar /pembaca /penonton yang umumnya FS itu, berbau Ero.



Fansub: Grup fans yang menambahkan subtitle pada Anime. Sekarang ini sudah banyak fansub yang menerjemahkan Anime ke bahasa Indonesia. 



Fazakon: Jatuh cinta pada ayahnya sendiri.



Fetish: Minat, kesukaan yang spesifik akan suatu hal, baik anggota tubuh, sifat, keadaan, dll.



Figure: Boneka berbentuk tokoh Anime /Game /Manga.



Figurin: "Action Figure" Patung/cetakan yang menyerupai satu karakter anime dengan pose tertentu yang dibuat menggunakan plastik atau bahan lain.



Flag: Istilah 'flag' sendiri memiliki arti secara bebas : Tanda akan munculnya suatu event yang berhubungan dengan seseorang/sesuatu dimana tanda tersebut merupakan event penting yang menuju ke suatu chara ending route Game2 VN/eroge jaman dulu (mungkin hingga sekarang?) kadang membutuhkan suatu persyaratan/requirement untuk bisa memunculkan ending route dari chara tertentu, dan munculnya event penting yang menandai keberhasilan menuju route tersebut sering disebut flag/tanda

Contoh: - Jatuh timpah-timpahan(?)



Fudanshi: Sebutan untuk cowok yang menggemari Anime/manga bergenre Shonen ai atau Yaoi.



Fujoshi: Sebutan untuk cewek yang menggemari Anime/manga bergenre Ahonen ai atau Yaoi. 



Fukidashi: Balon teks pada manga.



Futa/Futanari: "Two From" atau "Hermaprodhite". Karakter dengan dua kelamin..



GAR: GAR berasal dari poster demotivator yang bertuliskan I'm GAR for Archer (merujuk pada Archer dari VN/anime Fate/Stay night). Karakter yang memiliki sifat pahlawan, kuat, dan rela berkorban sampai mati demi melindungi orang lain, a real badass character.



Gunpla: Gundam Plastic Model 



Guro: Biasanya Guro bergabung dengan horror, tapi sebenarnya, Guro adalah istilah untuk cerita yang banyak menampilkan, adegan DP seperti organ tubuh manusia tercerai berai, potong sana, potong sini. Hancur pokoknya. Contohnya : blood C atau Elfen field.



Gore: Sama seperti Guro.



Gyaku-gire: Orang yang seharusnyakena marah karena kelalaiannya, tapi sebaliknya orang tersebut bukan meminta maaf malah balik marah.



Harem: 1 orang cowok yang di kerubungin sama banyak cewek atau sebaliknya. Banyak fans kali ya?



Henohenomoheji (へのへのもへじ): Atau Hehenonomoheji (へへののもへじ) adalah sebuah wajah yang digambar oleh anak sekolah Jepang menggunakan karakter hiragana.



Henohenomoheji, sebuah frase yang terdiri dari beberapa hiragana (huruf dasar bahasa Jepang): he(へ) no(の) he(へ) no(の) mo(も) he(へ) ji(じ) . Yang kalau ditulis jadi membentuk wajah manusia



Hentai: Konten bermateri seks. Mempunyai arti 'aneh' karena pada umumnya Anime/manga berkonten hentai cenderung menyimpang atau bisa dibilang aneh.



Hikkikomori: Seseorang yang memilih untuk mengisolasi diri dari kehidupan sosial (kehidupan luar) dan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk diam di rumah; kalaupun ke luar rumah hanya seperlunya saja, misalnya membeli makanan atau mengambil koran.



Itasha: Mobil (Otaku) yang tampak luarnya sudah dimodifikasi dengan gambar karakter Moe dari suatu Anime.



Karesen: [kareta ojisan senmon(ka)]. Karakter cewek yang menyukai pria dewasa yang sudah tua (jauh di atas usianya)



Kawaii: Lucu/Imut/Cute.



Kigurumi: Kigurumi adalah suatu piama yang dapat juga digunakan sebagai kostum. Dapat berbentuk binatang ataupun tokoh kartun. Populer dikalangan remaja Jepang maupun Jpop Idol.



Lolicon: Orang dewasa (pria) yang menyukai cewek yang berepenampilan layaknya anak kecil, tidak seperti Pedofilia yang hanya berminat pada anak di bawah 13 tahun.



MAD: Video remix kreatif yang dibuat oleh fans, biasa berupa parodi dari suatu anime, bisa dari ED/OP anime tersebut, ED/OP anime lain yang digabungkan, dari video musik lain, atau bahkan tanpa music dan hanya berupa cuplikan gambar/adegan dan efek. Kata MAD sendiri diambil dari judul kaset “Kichigai Tape” (Tape of Madness) yang dibuat anggota Osaka University of Arts and Music di tahun 1980-an.

MAD dipopulerkan oleh Nico Nico Douga, suatu komunitas sharing video (see advance term) yang membuat MAD menjadi bagian penting dari budaya internet Jepang.



Mahou: Magic. bahasa Jepang dari sihir



Maid/Meido: Pelayan atau Pembantu yang biasa dipekerjakan di rumah-rumah bangsawan Inggris, yang kostumnya sudah sangat melegenda. 



Maid Cafe/Meido Kisha: Sebuaf kafe dimana para pelayan melayani tamu seperti melayani majikan sendiri, populer di daerah Akihabara Jepang.



Manga: [dibaca man-ga/ma-ng-ga] merupakan komik dalam bahasa Jepang,diluar Jepang kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.



Mangaka: [dibaca man-ga-ka/ma-ng-ga-ka] adalah orang yang menggambar Manga, (Komikus kalau di Indonesia)

Manhua: Komik Buatan Hongkong



Manhwa: Komik Buatan Korea



Mazakon/Oedicon/Oedipus Complex: Pria yang menyukai wanita yang jauh lebih dewasa, atau bisa juga kasus dimana jatuh cinta pada Ibunya sendiri.



Meganeko: "Glasses Girl (Megane(Glasses)+Ko(Girl)". Karakter Perempuan dengan kacamata.



Meronko: Kebalikannya pettanko, karakter dengan bust size yang besar.



Miko: Shrine Maider. Penjaga kuil, biasanya memakai pakaian khusus miko bewarna merah putih.



Moe: Berawal dari kata 'moeru' yang berarti 'membakar' tapi dewasa ini 'moe' di artikan sebagai kaeakter super imut yang level nya di atas kawaii nggak terlalu bisa diungkapkan sih.



Nekomimi: Karakter perempuan dengan telinga kucing dan atau ekor kucing.



Nijikon: "Nijigen kompurekkusu / 2D-Complex". Orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter Anime, Manga, dan Video Game.



Nyaan: Suara kucing, kalau di Indonesia "Miawww"



OAV/OVA: (Original Video Animation), format dari anime yang tidak ditayangkan di TV, yaitu dalam format video yang dijual bebas di pasaran. 



OAD: (Original Animation DVD) Hampir sama seperti OVA, OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser disc, CD dan kemudian DVD.

Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.



Omake: Bonus berupa cerita pendek/kumpulan gambar Manga.



Omake: Coret-coretan gambar atau kata dari pengarang di akhir Tankoubon, biasanya tidak berhubungan langsung dengan jalur cerita. Lain. 



ONA: "Original Net Animation"

Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming.



OOT: (Out Of Topic) melenceng dari percakapan yang dibahas sebelumnya, contohnya lagi bahas ayam tiba-tiba bahas vampire yang sama sekali gak ada hubungannya



OOC: (Out Of Character) melenceng juga, tapi kali ini dari karakter si tokoh anime itu, misalnya aslinya dia misterius, tapi tiba-tiba jadi hentai (apa ini)



OT3/One True Threesome: Pasangan 3some favorit 



Otome Game: Video game yang ditujukan bagi perempuan, dimana tujuan dari game ini adalah membina hubungan percintaan antara karakter pemain (perempuan) dengan satu atau lebih karakter pria.



Otomen: Gabungan 2 kata: “otome” yang berarti cewek muda dan “men” yang berarti cowok. Seorang berfisik cowok tapi hatinya selembut cewek.



OTP/One True Pairing: Biasa digunakan oleh fans, artinya pasangan favorit (untuk hubungan romantisme)



Pantsu: Celana dalam. 



Petanko: Flat Chested Girl -> Karakter dengan bentuk tubuh loli..



RAW: Raw bukan singkatan. Istilah ini digunakan untuk Manga atau Anime yang masih Raw (mentah), jadi masih pakai bahasa jepang, atau belum ada subtitle-nya.



Trap: Laki-laki, biasanya berwajah cantik, yang menggunakan baju perempuan (crossdressing).



Ronin 浪人 atau rōshi: Samurai yang kehilangan/ terpisah dari pemiliknya (samurai tak bertuan). Biasanya mengembara mencari tujuan hidup. Di Jepang jaman sekarang, ronin juga berarti lulusan smu yang gagal lulus tes masuk Universitas .

Saimoe: Kontes popularitas karakter-karakter Anime yang diadakan tiap tahun.



SD: Super Deformed. Istilah yang digunakan dalam penggambaran karakter Anime/manga dengan size kerdil, tetapi proporsi tubuh tetap pas.



Seiyuu: Dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber/Voice aktor.



Seke: (Seme-Uke) si tokoh bisa jadi seme maupun uke.



Seme: Berasal dari kata kerja semeru (menyerang). Seme biasanya berperan sebagai prianya, tubuhnya lebih besar dari pada uke.



Uke: Berasal dari kata kerja ukeru(menerima). Istilah yang digunakan untuk pair di anime/manga bergenre yuri/yaoi. Uke biasanya lebih bersifat atau berperan sebagai wanitanya, biasanya bertubuh lebih kecil dari pada seme.



Shotacon: Orang dewasa (wanita) yang menyukai anak kecil laki-laki. 



Siscon: "Sister Complex", Memiliki perasaan/ hubungan percintaan dengan saudara perempuan. 





Sukumizu: Baju renang klasik yang biasa dikenakan karakter perempuan saat berenang di kolam sekolah.



Tankoubon: Istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf.





Tokusatsu: "Tokushu Satsuei " "Special Effect" Seringkali digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horor live-action produksi Jepang. (Wiki) seperti kamen raider,Super Sentai, Ultaraman.



Touhou: "The Touhou Project (東方Project)", "Project Shrine Maiden" Seri game 'manic shooter'(tembak2an seperti game2 pesawat tempur dengan peluru memenuhi layar), dibuat oleh Team Shanghai Alice. Game ini sukses dan memiliki banyak penggemar dikarenakan bentuk2 peluru yang unik dan bermacam-macam, fokus pengembangan karakter yang tidak dimiliki game-game sejenis, dan merupakan one man project. Doujinshi dari game ini banyak bertebaran dimana-mana.



Tsurupeta: "Tsurutsuru" (smooth, polished, especially hairless) "Pettan" (flattening). Tubuh wanita yang 'flat' dan 'smooth'. 



Vocaloid: "Singing synthesizer application software", diproduksi Yamaha Corporation, dimana dengan software ini kita bisa membuat nyanyian sintetis hanya dengan mengetik lirik dan melodinya. "Hatsune Mikku" adalah karakter suara terpopuler, dengan suara gadis remaja, tema warna biru muda, dan memegang daun bawang(Leek) 



Yaoi: (singkatan dari yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi) istilah lainnya Boys Love/shonen ai. Istilah untuk anime/manga berbau homoseksual.

BL(Boys Love)/Shounen ai hanya sekedar cerita percintaan cowok x cowok dan lebih kental menceritakan tentang persaan cintanya. (no sex).

Yaoi biasanya lebih ke adegan sex cowok x cowok nya namun juga ada yang tak sekedar adegan sex tapi juga kisah cintanya.



Yuri: istilah lainnya Shoujo ai kebalikan dari Yaoi, yaitu istilah untuk anime/manga tentang cewek x cewek.





Yon Koma: Komik 4 panel, Contoh komik yg mnggunakan sistem ini: Lucky star, K-on, Komik jadul seperti Kobo-chan dan Kariage-kun juga memakai sistem ini.


Baca Juga: Trik menggambar anime dengan cepat dan mudah

Sumber: www.ahlitech.com
Previous
Next Post »